Stan Lee Meninggal Dunia di Usia 95 Tahun Setelah Berjuang Melawan Pneumonia

Pendiri sekaligus sosok legendaris dibalik Marvel Comics, Stan Lee, telah meninggal dunia pada usia 95. Kabar duka tersebut telah dikonfirmasi oleh pengacara putri Stan Lee, Kirk Schneck.

Stan Lee dilarikan ke Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles pada Senin pagi, di mana ia kemudian meninggal dunia setelah berjuang melawan berbagai penyakit selama beberapa tahun terakhir, termasuk pneumonia dan masalah dengan pengelihatannya.

Stanley Martin Lieber atau yang lebih dikenal dengan Stan Lee adalah seorang penulis buku komik, produser film, aktor dan mantan pemimpin redaksi Marvel Comics. Pada tahun 1961, Stan Lee mendirikan Marvel Comics bersama dengan Jack Kirby dan Steve Ditko. Merekalah yang menciptakan karakter seperti Spider-Man, Hulk, Doctor Strange, Fantastic Four, Daredevil, Black Panther, dan X-Men. Stan Lee juga sering muncul sebagai cameo dalam film Marvel Cinematic Universe.

Setelah menjadi pemimpin redaksi Marvel Comics, Stan Lee kemudian menjadi publisher dan chairman. Lee tetap berada dalam dewan redaksi Marvel Comics setelah meninggalkan perusahaan tersebut dan mengisi posisi chairman emeritus. Pria yang lahir di New York City pada 28 Desember 1922 sempat dilantik ke dalam industri buku komik Will Eisnet Award Hall of Fame pada tahun 1994 dan Jack Kirby Hall of Hall of Fame pada tahun 1995. Stan Lee juga tercatat menerima National Medal of Arts pada tahun 2008. 

Setelah kehilangan istrinya tahun lalu, Stan Lee mulai bertikai dengan perusahaannya sendiri POW! Entertainment, ia menggugat para eksekutif yang bertanggung jawab atas $ 1 miliar USD untuk penipuan sebelum menjatuhkan gugatan itu seminggu kemudian.

 

R.I.P Stanley Martin Lieber

 

Cover: Richard Cartwright/Getty Images

Post Tags
Share Post
Written by

Primary source for your tertiary needs.