Mohan Hazian Bicara tentang Thanksinsomnia dan Kultur Streetwear di Indonesia

Belum lama ini tim Tersier berkesempatan melakukan interview eksklusif dengan Mohan Hazian, founder dari brand streetwear Thanksinsomnia.

Mohan Hazian dikenal sebagai kunci dibalik kesuksesan Thanksinsomnia. Lahirnya Thanksinsomnia tidak lepas dari pengaruh pop culture, grunge 90-an, graffiti style dan tentunya selera humor dari sang owner. Kini, Thanksinsomnia telah menjadi salah satu brand paling dicari karena harganya yang terjangkau namun tetap menawarkan kualitas yang cukup bagus.

Dalam kesempatan kali ini, Mohan akan mendiskusikan banyak hal mulai dari berbagi cerita tentang asal mula Thanksinsomnia hingga impiannya 5 tahun kedepan. Berikut ini adalah interview eksklusif tim Tersier bersama entrepreneur muda berusia 27 tahun tersebut.

 

 

Interview Eksklusif dengan Mohan Hazian

Siapa sih Mohan Hazian itu? Deskripsikan diri lo menurut lo sendiri.

A post shared by Mohan Hazian (@mohanhazian) on

Mohan Hazian Wicaksono adalah seorang ninja. Mohan juga seorang yang sangat introvert. Selebihnya, biarlah netizen yang menilai.

Mohan Hazian dikenal sebagai kunci dibalik kesuksesan Thanksinsomnia. Coba ceritakan awal mula terciptanya brand ini.

 

A post shared by Mohan Hazian (@mohanhazian) on

Thanksinsomnia lahir dari mimpi seorang anak muda yang sangat bersemangat, pada saat itu. Sebelum ada Thanksinsomnia, gue sempet jadi guru dance di beberapa sekolah dasar dan sempet belajar make up untuk di acara nikahan. Padahal cita-cita gue yang sebenernya adalah menjadi seorang pemain ftv dan DJ. Namun tuhan berkata lain, gue di beri jalur untuk meneruskan perusahaan bokap gue yaitu tambang emas, tapi sayangnya gue gagal.

Apa makna dari nama Thanksinsomnia?

A post shared by Mohan Hazian (@mohanhazian) on

Thanksinsomnia itu di ambil dari bahasa latin dan jawa yang disempurnakan ke bahasa rusia yang artinya adalah jiwa muda yang berapi-api. Kenapa Thanksinsomnia? Tadinya gue mau kasih nama brand gue Billabong atau Quiksilver tapi sayangnya udah ada duluan yang bikin.

Apa lo ikut terlibat dalam setiap pembuatan produknya Thanksinsomnia?

 

🎨🎨🎨🎨 A post shared by Mohan Hazian (@mohanhazian) on

Dari awal sampai sekarang, gue selalu terlibat langsung dalam proses desain maupun pembuatan produk. Untuk beberapa produk dengan motif DIY hand-painted biasanya gue bikin sample, lalu selanjutnya dikerjakan oleh team produksi Thanksinsomnia.

Punya Tips untuk Memulai Bisnis?

Ada, bisa cek video di atas. Silahkan disimak buat kalian yang lagi atau ingin terjun ke dunia bisnis.

Menurut lo gimana sih kultur streetwear di Indonesia itu?

 

A post shared by Mohan Hazian (@mohanhazian) on

Gue gak tau pasti sih gimana kultur streetwear di Indonesia sekarang, tapi yang gue tau sebentar lagi ganti presiden. Siapapun presidennya kelak, gue hanya ingin kurs dolar stabil, agar kenaikan harga bahan juga stabil.

Selalu terlihat bahagia di sosial media, apa lo pernah mengalami kesulitan dalam menjalani Thanksinsomnia?

 

A post shared by Mohan Hazian (@mohanhazian) on

Gue memilih untuk share hal yang baik-baik di Instagram karena dilihat oleh banyak orang. Sebagai public figure, gue gak mau mencontoh hal yang ga baik, takut ditiru sama anak-anak diluar sana, dampaknya gak baik untuk penerus bangsa Indonesia ini. Untuk kesulitan, jelas pasti ada. Kesulitan gue yang terbesar adalah namatin God of War di jam kerja.

Apa impian lo yg belum tercapai sampai saat ini dan apa terget Thanksinsomnia di 5 tahun kedepan?

 

A post shared by Mohan Hazian (@mohanhazian) on

Banyak banget impian gue yang belum tercapai sejauh ini, salah satunya punya gaji lebih banyak dari gaji DPR. Target 5 tahun kedepan pun belum ada. Dalam hidup, gue hanya bisa berencana, namun tuhan yang menentukan. Gue selalu berdoa semoga setiap tahunnya semakin banyak orang yang bisa bergabung di Thanksinsomnia dan semakin banyak lapangan pekerjaan untuk orang-orang di sekitar gue.

Kompetitor dalam bisnis pakaian sudah semakin banyak. Kepikiran buat bisnis lain selain pakaian?

 

A post shared by Mohan Hazian (@mohanhazian) on

Bisnis apapun pasti banyak saingannya. Semakin ketat kompetisinya, semakin membuat gue harus jadi yang terbaik. Sempat kepikiran buat bisnis lain sih, jual beli rokok salah satunya. Gue mau jadi pesaing Pak Budi Hartono. Aamiin.

Kalau Thanksinsomnia berkesempatan untuk membuka store di luar negeri, negara mana yang akan lo pilih?

 

A post shared by Mohan Hazian (@mohanhazian) on

Gue akan buka store di US, tepatnya di New Jersey, sebelah rumahnya Albert Einstein.

 

Luar biasa, sebuah interview yang sangat inspiratif. Terima kasih banyak Mohan atas waktunya. Good luck!

Written by

Primary source for your tertiary needs.