7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjual Sneakers Online

Setiap minggunya, ada saja sneakers model terbaru yang dirilis. Jika Anda berniat untuk cop, bagaimana nasib koleksi sneakers lama Anda? Apa sebaiknya dijual? Bagaimana cara menjual sneakers Online agar cepat laku terjual?

Kadar hype dari sneakers-sneakers yang baru rilis biasanya masih tinggi dan langsung jadi primadona para sneakerhead. Tidak sedikit pula sneakers dengan model terbaru yang menyebabkan Anda tergoda untuk membelinya, lalu meninggalkan sneakers-sneakers lama Anda tertumpuk di rak sepatu.

Jika koleksi sneakers Anda telah menumpuk, ada baiknya menjual sneakers lama Anda ketimbang dibiarkan usang tak terpakai. Namun, masih banyak orang yang tidak paham bagaimana cara menjual sneakers online yang tepat agar sneakersnya cepat laku. Bagi Anda yang baru terjun ke dunia sneakers, ada baiknya simak artikel berikut ini.

Panduan Lengkap Cara Menjual Sneakers Online

1. Gunakan Foto Terbaik

cara menjual sneakers online

Menggunakan foto yang terbaik untuk sneakers yang akan dijual adalah hal yang sangat penting dan harus diperhatikan. Sebelum memulai untuk berjualan, hindari mengambil foto produk dari situs web lain. Tidak peduli apa pun yang Anda jual, hindari menggunakan foto dari Google atau dari situs resmi produk tersebut.

 

Gunakan Foto Asli yang Dilengkapi Watermark

Pastikan semua foto yang Anda gunakan adalah foto asli. Tidak menggunakan foto asli pada sneakers yang Anda jual adalah alasan utama yang membuat pembeli ragu dengan keaslian sneakers tersebut. Sebagian besar situs atau forum jual beli memerlukan foto asli yang diberi tag sebagai peraturan utama sebelum berjualan. Jadi, selalu siapkan selembar kertas dengan nama Anda atau nama toko Anda dalam tulisan tangan yang dapat dibaca untuk digunakan sebagai watermark dalam foto sneakers Anda.

 

Lampirkan Juga Foto dari Beberapa Bagian Sneakers

Untuk pengambilan foto, sertakan foto tampak keseluruhan sneakers Anda dengan tiga atau empat jepretan detail sneakers dari berbagai sudut lainnya. Jika sneakers Anda adalah barang baru atau deadstock, selalu sertakan foto dari tag, receipt, dan juga label pada kotak, serta foto outsole sebagai bukti bahwa sepatu itu belum dipakai.

Untuk sneakers yang bernilai tinggi, pembeli akan sangat waspada terhadap pemalsuan. Dalam hal ini, biasanya pembeli akan melakukan legit check untuk mencari panduan “real vs. fake” secara online seperti di forum Indonesia Sneakers Team. Beberapa akun Instagram seperti Yeezy Busta (@yeezybusta) juga bisa sangat membantu dalam hal ini, beberapa youtubers juga sering memberi panduan keaslian sneakers.

Berkonsultasi dengan panduan legit check terbukti sangat berguna untuk para calon pembeli. Jadi sebisa mungkin Anda memperlihatkan bagian-bagian sneakers pada foto untuk calon pembeli yang ingin meninjau produk yang Anda jual secara mendetail dan menemukan perbedaan spesifik antara sneakers asli dan palsu. Hal ini dilakukan untuk membantu Anda menghindari pertanyaan dan permintaan foto. Tentu saja lapak Anda juga akan terlihat lebih meyakinkan untuk calon pembeli.

 

Teknik Pengambilan Foto

photo by Highsnobiety

Untuk teknik memotretnya sendiri, pastikan pencahayaan yang cukup dan gunakan latar belakang yang konsisten. Dalam hal ini, Anda bisa mencontoh feed Instagram LITTLEFOOT (@littlefootyk). Mereka menggunakan latar belakang yang sederhana dan jelas untuk menonjolkan detail sneaker. Kami sarankan untuk menggunakan kamera profesional untuk hasil yang maksimal, namun jika alat tersebut tidak memadai, kamera smartphone juga sudah cukup pintar untuk menghasilkan foto yang baik.

2. Deskripsikan Detail dan Kondisi Sneakers Anda Secara Lengkap

cara menjual sneakers online

Jika Anda telah memiliki foto-foto terbaik, deskripsi dari sepatu yang akan Anda jual adalah hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan. Untuk hal ini, mari gunakan Air Jordan 3 Retro “Black Cement” sebagai contoh. Situs seperti StockX, Flight Club atau Kick Avenue dapat Anda gunakan untuk mencari detail lengkap tentang sneakers Anda dan informasi tersebut dapat Anda sertakan ke dalam deskripsi lapak Anda. Tentu saja, penting untuk menyertakan ukuran sepatu juga.

Jika Anda menjual sneakers bekas dan ada bagian yang cacat, pastikan untuk menyorotnya dalam foto dan detail saat mendeskripsikannya. Kuncinya adalah selalu berikan informasi detail sneakers secara lengkap untuk pembeli, hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman setelah transaksi terjadi.

 

Kondisi Sneakers

Jika sneakers Anda tidak pernah dipakai atau dicoba sebelumnya, Anda dapat menulisnya sebagai deadstock. Jika tidak, Anda harus menggunakan kebijaksanaan Anda saat menjelaskan kondisi sneakers Anda. Pastikan Anda jujur saat menjual sneakers, apalagi jika itu adalah sneakers bekas. Kondisi sebuah sneakers biasanya dinilai dengan istilah seperti “VNDS” (very near deadstock), atau pada skala 1 hingga 10, jadi gunakan penilaian terbaik Anda. Penilaian “VNDS” sebenarnya sangat subyektif, jika Anda telah mengenakan atau hanya mencoba sneakers yang Anda jual (walaupun itu hanya sekali, lima, atau 10 kali) jelaskanlah kepada calon pembeli.

Berikut adalah daftar singkat istilah sneakers yang bisa Anda gunakan

DS — Deadstock
VNDS — Very Near Deadstock
BNIB — Buy New In Box
BNOB — Buy New Open Box
BNWB — Buy New With Replace Box
BNWOB — Buy New Without Box

3. Perhatikan Kebersihan Sneakers Anda

cara menjual sneakers online

Jika Anda menjual sneakers bekas, tentu saja ada bekas pemakaian dan beberapa bagian yang kotor. Jadi jika Anda ingin memaksimalkan apa yang bisa dapatkan dari sneakers yang Anda jual, Anda harus membersihkannya sebelum memotret sneakers Anda. Walaupun sneakers Anda terlihat dalam kondisi yang baik, Anda akan terkejut setelah melihat betapa jauh lebih baiknya sneakers Anda jika Anda menjaga kebersihannya, terutama bagian sol. Sneakers bekas yang sebelumnya terlihat dalam kondisi 5/10 karena sol yang kotor dan bagian upper yang bernoda dapat digambarkan sebagai 6/10 atau bahkan 7/10 setelah dalam kondisi bersih dan lebih baik.

 

Apa Saja yang Harus Dibersihkan?

Sebaiknya, Anda harus membersihkan setiap bagian dari sneakers. Diawali dengan bagian yang paling mudah, yaitu midsole dan outsole. Setelah midsole dan outsole bersih, Anda pasti ingin melihat bagian upper yang juga bersih. Jika sneakers Anda telah bersih, secara otomatis akan membuatnya terlihat lebih segar untuk difoto.

 

Apa Saja yang Diperlukan untuk Membersihkan Sneakers?

Dalam hal ini, tergantung pada bahan sneakers Anda terbuat apa. Untuk sebagian besar midsole dan outsole, Anda dapat menggunakan kombinasi kuas dan sabun. Jika sepatu Anda terbuat dari kulit atau suede, sebaiknya Anda menggunakan produk pembersih khusus bahan kulit dan suede. Bahan kanvas dan bahan knit biasanya mudah dibersihkan. Kami sarankan untuk mencuci sneakers dengan produk pembersih khusus sneakers seperti Andrrows, UMBRE atau Sins Cleaners yang hasilnya tidak kalah bersih dengan cairan pembersih import seperti Jason Mark dan Crep Protect.

Jika Anda tidak sempat untuk membersihkan sneakers Anda sebelum menjual, Anda bisa menggunakan jasa sneakers laundry seperti Shoes and Care atau pesan via aplikasi Pevita, On-Demand Sneakers Laundry App.

4. Berikan Harga yang Terbaik

cara menjual sneakers online

Sebelum menetapkan harga, lakukanlah riset terlebih dahulu di StockX atau Kick Avenue untuk mengukur harga sneakers yang hendak Anda jual. Jika Anda ingin menjualnya di Indonesia, kami sarankan untuk mengikuti nilai pasaran di Kick Avenue. Ingat, harga yang Anda tetapkan harus sesuai dengan harga pasar, sehingga Anda tetap mendapatkan keuntungan yang layak untuk sneakers yang Anda jual, namun tetap dengan harga yang  fair bagi calon pembeli. Jika harga Anda tidak sesuai dengan pasaran, Anda akan merendahkan diri Anda sendiri dari harga yang sudah ada. Jika harga yang Anda berikan terlalu mahal, maka lapak Anda tidak akan mendapat respon positif atau tidak ada yang merespon sama sekali.

Namun, perlu diperhatikan sekali lagi bahwa harga-harga di StockX cenderung sedikit lebih tinggi daripada nilai pasaran yang sebenarnya, karena ada potongan biaya yang dikenakan untuk para penjual. Kurs rupiah yang melemah juga membuat StockX kurang tepat untuk mencari patokan harga pasaran lokal. Banyak penjual di StockX juga menjual sneakers dengan harga yang lebih tinggi untuk menutup biaya yang dikenakan untuk penjual.

Solusi lain adalah dengan cek harga di forum atau grup jual beli di Facebook, di mana sneakerhead lain akan memberi Anda gambaran tentang harga yang pantas untuk sneakers Anda.

5. Tentukan Metode Pembayaran yang Aman

Jika Anda bertransaksi melalui PayPal, kami menyarankan untuk membayar atau menerima uang sebagai “goods or services”, terlepas dari online marketplace mana yang Anda gunakan. Jika pembeli mengklaim bahwa mereka tidak menerima barang yang telah mereka beli, kebijakan perlindungan akan mengganti rugi dana secara penuh untuk penjual selama Anda dapat membuktikan tanda terima atau bukti bahwa barang itu telah dikirim.

Sebagian besar forum jual beli juga menyediakan jasa rekening bersama untuk melindungi pembeli dari penipuan, Anda bisa menggunakan jasa rekening bersama agar pembeli merasa lebih aman. Untuk harga sneakers yang cukup tinggi, Anda juga bisa menjualnya di Tokopedia, karena Tokopedia menyediakan fitur cicilan 0% yang sangat memudahkan untuk calon pembeli.

6. Berjualan di Online Sneaker Marketplaces

cara menjual sneakers online

Di Indonesia, Kick Avenue telah menjadi tujuan utama bagi para reseller untuk menjual Sneakersnya. Bisa dibilang Kick Avenue menggunakan sistem penjualan yang serupa dengan yang digunakan oleh StockX dan GOAT. Kick Avenue bisa menjadi platform yang paling mudah dan gak bikin ribet, baik untuk penjual maupun pembeli. Seperti layaknya StockX dan GOAT, setelah produk terjual, Kick Avenue akan meminta penjual untuk mengirimkan sneakersnya ke gudang Kick Avenue. Disini Kick Avenue bertindak sebagai perantara untuk memverifikasi keaslian sneakers. Setelah Kick Avenue mengkonfirmasi bahwa sneakers itu asli, mereka akan mengirimkan sneakers tersebut ke pembeli. Penjual akan segera dibayar setelah pembeli mengkonfirmasikan bahwa dia telah menerima belanjaannya. Kick Avenue juga hanya akan menagih komisi dari penjualan yang berhasil sebesar 5%. Dibandingkan dengan pasar mode lainnya, Kick Avenue masih mengenakan biaya di bawah rata-rata.

 

Berjualan di Grup Jual Beli Facebook

Anda juga bisa menjual sneakers di grup jual beli Facebook seperti Indonesia Sneakers Exchange atau BASIC, yang memiliki peraturan peraturan sendiri di dalam masing-masing grup. Tentunya para penjual yang menjual barang palsu akan segera dibanned. Transaksi di sini benar-benar tanpa perantara, dengan semua negosiasi ditangani antara pembeli dan penjual. Namun, karena sifat tanpa perantara dari jenis grup ini, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan legitimasi pada siapa pun yang akan bertransaksi dengan Anda. Dalam ISE dan BASIC juga menyediakan jasa rekening bersama dengan rate fee yang cukup rendah demi keamanan transaksi anggotanya.

 

Gunakan Social Media untuk Berjualan

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan social media. Anda dapat menggunakan feed atau story Instagram Anda untuk berjualan. Jika Anda tidak memiliki banyak followers, mungkin Anda bisa menggunakan hashtags yang berkaitan dengan sneakers seperti #JualAirMax, #JualNMD atau #JualYeezy sehingga siapa pun yang menelusuri lewat hashtags dapat menemukan lapak Anda. Jika Anda tidak ingin merusak estetika feed Anda, gunakanlah jasa consigment via Instagram seperti BADE, Sixslash 9, atau dr. Titra aka Cipeng Store.

 

Cicilan 0% via Tokopedia

Terakhir, Tokopedia masih menjadi tempat favorit bagi para pembeli, terutama jika akun Anda sebagai penjual memiliki positive feedback rating yang tinggi. Keberadaan Tokopedia juga sangat membantu bagi para calon pembeli yang ingin membeli sneakers dengan cara mencicil karena Tokopedia menyediakan fitur cicilan 0% dengan atau tanpa menggunakan kartu kredit. Biasanya penjual di Instagram atau di grup Facebook juga membuka lapaknya di Tokopedia sebagai payment gateway yang lebih aman.

Berikut adalah daftar singkat istilah sneakers yang bisa Anda gunakan dalam forum jual beli atau online sneakers marketplace

WTS — Want to Sell
WTB — Want to Buy
WTT — Want to Trade
PO — Pre Order
DP — Down Payment
COD — Cash on Delivery
OG — Original
GR — General Release
GS — Grade School

7. Pengiriman

cara menjual sneakers online

Setelah negosiasi selesai dan transaksi telah berhasil, Anda perlu mengirimkan sneakers Anda ke pembeli. Biasanya para penjual segera mengirimkan sneakersnya dalam waktu kurang dari 24 jam setelah proses pembayaran selesai. Jika Anda mengalami keterlambatan dalam proses pengiriman, segera kabari pembeli, intinya Anda harus menjaga jalur komunikasi yang jelas dengan pembeli.

Pastikan untuk cek website Pos Indonesia, JNE, TIKIJNT atau DHL untuk mendapatkan informasi biaya pengiriman, terutama jika Anda berencana mengirimnya ke luar negeri. Jika Anda telah mencantumkan harga sneakers Anda telah termasuk biaya pengiriman, Anda harus memastikan kedua belah pihak menyetujui biayanya.

Sebelum sneakers dikirim, ada baiknya untuk selalu mengirim dengan box ganda. Hal ini dilakukan untuk menjaga box asli dari kerusakan atau benturan, karena beberapa pembeli biasanya ingin menyimpan box sneakernya sebagai collectible items, apalagi jika itu sneakers yang berharga.

Anda dapat menemukan panduan tentang cara mengirim dengan box ganda di YouTube, seperti di bawah ini

Sekian panduan cara menjual sneakers Online dari penulis. Jika Anda memiliki cara lain yang lebih ampuh untuk menjual sneakers online agar cepat terjual, silahkan tulis di kolom komentar di bawah.

Sampai bertemu di editorial berikutnya, have a good day guys!